Rechercher dans ce blog

Tuesday, June 6, 2017

Pengertian Ergonomi Dalam Bekerja


Kali ini Blog Kirasti Mau Membagikan Pengertian Ergonomi Dalam Bidang Pekerjaan.
Buat yang belum tau apa itu Ergonomi silahkan baca yang teliti supaya anda nyaman dalam bekerja,Silakan Membaca

Ergonomi, Yaitu ilmu yang mempelajari perilaku manusia kaitannya  dengan pekerjaan mereka. Ergonomi berasal dari kata Yunani "ergon" yang artinya kerja dan "nomo" yang berarti aturan. secara keseluruhan ergonomi berarti aturan yang berkaitan dengan kerja. sasaran penelitian.
         Ergonomi adalah manusia pada saat bekerja dalam lingkungannya. Secara singkat dapat dikatakan nahwa ergonomi ialah penyesuaian tugas pekerjaan dengan kondisi tubuh manusia dengan tujuan untuk menurunkan stess yang akan dihadapi, Yaitu dengan cara menyesuaikan ukuran tempat kerja dengan dimensi tubuh agar tidak melelahkan,Pengaturan suhu,cahaya, dan kelembaban bertujuan ahar sesuai dengan kebutuhhan tubuh manusia.
         Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pusat dari ergonomiadalah manusia. Konsep ergonomi berdasarkan kesadaran,keterbatasan kemampuan dan kapabilitas manusia. Sehingga dalam usaha untuk mencegah cidera, meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kenyamanan dibutuhkan penyesuaian antara lingkungan kerja,pekerjaan,dan manusia yang terlibat dengan pekerjaan tersebut.
        Ergonomi  adalah suatu cabang ilmu yang sistemas untuk memanfaatkan informasi-informasi mengenai sifat, kemapuan dan keterbatasan manusia untuk merancang suatu sistem kerja sehingga orang dapat hidup dan bekerja pada sistem itu dengan baik, Yaitu mencapai tujuan yang diinginkan melalui pekerjaan itu dengan efektif,aman,dan nyaman.
         Ergonomi berkenaan pula dengan optimasi,efisiensi,kesehatan,keselamatan,dan kenyamanan manusia di tempat kerja,di rumah,dan di tempat rekreasi. Ergonomi disebut juga sebagai Human Factors.




Prinsip-Prinsi Dasar Dalam Ergonomi

a. Meningkatkan Faktor Kenyamanan

    Menginkatkan faktor kenyamanan, yaitu dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman membuat agar display dan contoh mudah dimengerti supaya para pekerja dalam melaksanakan tugasnya dapat bekerja dengan nyaman.

b. Meningkatkan Keselamatan Kerja

       Yaitu dengan membuat standar operasional produksi yang mengutamakan keselamatan para pekerja dalam bekerja memperhatikan jarak ruang,menempatkan peralatan agar selalu berada dalam jangkauan,mengurangi beban berlebih, dan bekerja sesuai dengan ketinggian dimensi tubuh pekerja.

c. Memperhatikan Kesehatan Kerja
  
     Dengan menciptakan suasana bekerja yang sehat dengan cara bekerja dalam posisi atau postur normal, mengurangi gerakan berulang dan berlebihan melakukan gerakan,olahraga, dan peregangan saat bekerja .

Itulah Pengertian Dari Ergonomi Memang Sih Artinya Panjang,Tetapi Itu Sangan Penting Dalam Membuat Tempat Kerja Anda Lebih nyaman & aman

Semoga Artikel Yang Saya Berikat Dapat Bermanfaat Bagi Kalian !!! Pengertian Ergonomi Dalam Bekerja : http://ift.tt/2rPL7pq

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Rangers can’t keep going on like this — or it will get much worse - New York Post

[unable to retrieve full-text content] Rangers can’t keep going on like this — or it will get much worse    New York Post "like this...

Postingan Populer